Pokoknya, minum Aqua botol / gelas wajib dihabiskan – Cerita HNJA (3)

Salah satu kenikmatan mendapat beasiswa peliputan Health and Nutrition Journalist Academy (HNJA) adalah kesempatan untuk melihat dari dekat pabrik Aqua. Oh ya, HNJA ini adalah program Sekolah Jurnalisme AJI yang bekerja sama dengan Danone Indonesia.

SAMSUNG CSC

Rombongan 18 jurnalis berangkat dari Bandara Soetta ke Adisutjipto, Yogyakarta pada 8 April 2017. Dari Yogya, kami naik bus ke Klaten.

Sebelum keliling pabrik PT Tirta Investama (Danone-Aqua), kami diberi briefing. Ada safety induction yang menjelaskan denah pabrik, di mana titik kumpul, dan apa yang harus dilakukan saat ada kedaruratan.

Pabrik ini terdiri dari empat gedung persegi panjang. Ada gedung untuk produksi Aqua botol ukuran besar dan Mizone, ada khusus Aqua gelas, Aqua botol sedang & besar, dan Aqua galon. Gedung pabrik untuk aqua galon terlihat dua kali lipat gedung lainnya.

This factory is real massive, Guys!

Untuk pabrik aqua botol besar misalnya. Kapasitas produksinya bisa sampai 41,000 barel per hari (bph). Sementara untuk botol sedang (600ml) mencapai 40,000 bph.

IMG_1429

Kami diajak ke salah satu gedung pabrik. Di tempat ini, mereka memproduksi sendiri plastik. Kami pun mencium bau plastik agak hangus.

Dalam kondisi serba higienis (kami pakai pakaian khusus), pengemasan air dilakukan. Kami melihat pegawa hanya ada di bagian pengepakan. Proses jalannya botol – botol dan proses pemasukan air hingga botol tersegel dilakukan oleh mesin.

Air baku yang masuk ke pabrik ini letaknya cukup jauh dari plant alias gedung pabrik. Air baku tersebut berasal dari mata air yang areanya diperjanjikan oleh perusahaan dan pemerintah daerah di Klaten.

Setelah selesai mengitari pabrik, saya baru meresapi perkataan seorang pegawai yang memberi kami safety induction.

Kira – kira pernyataannya seperti ini..

“Kami sadar, untuk membuat satu botol Aqua, proses yang dibutuhkan tidaklah mudah. Butuh infrastruktur, campur tangan mesin, kerja keras para pekerja pabrik. Karena sudah tahu, kami pasti menghabiskan Aqua yang sudah kami buka kemasannya”.

Very well said, Pak!

IMG_1426

*Featured Photo by Jonathan Chng on Unsplash

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s