Kasta tertinggi anak muda, Awkarin kok gak takut mengklaim diri aktivis?

“Kritis banget sih lo, Ky! Aktivis ya?”

Throwback 10 tahun lalu kala saya masih sering ikut lomba karya tulis. Pertanyaan di atas sering ditanyakan orang-orang.

Buat saya, predikat “aktivis” itu kasta tertinggi di kalangan mahasiswa ataupun anak muda.

Aktivis itu sudah selesai sama diri sendiri. Rela begadang, gak rutin makan, gak liburan, demi kepentingan yang lebih mendesak.

Saya mah cuma bisa koar-koar. Pengennya sih, saya juga hidup mapan, kerja di tempat prestisius dan punya cukup tabungan buat liburan.

Makanya agak ngeri waktu sosok yang populer di kalangan anak muda Karin Novilda alias Awkarin menyatakan diri sebagai aktivis dan ingin membentuk komuntas untuk men-support klaim tersebut.

Tak hanya itu, Karin juga mengelak waktu digoda netizen kalau aktivis itu lekat dengan politik. Ternyata Karin menilai, politik itu beda dengan aktivisme. Ini blunder pertama.

Akibatnya, Karin men-tag Raden Rauf sebagai contoh aktivis. Ini blunder kedua.

Kemudian, aktivis beneran mengkonfrontasi Karin dan mengajaknya ikut turun ke aksi Kamisan dan ikut membesarkan gerakan aktivisme yang sudah eksis. Karin setuju. Nah, letak blunder ketiga, setelah dia sepakat, ternyata ada gugatan lain yang datang dari seorang desainer grafis.

@nadiyahrs menyuarakan sikap tidak fair Karin, karena menyomot gambar orang lain, tidak sertakan credit, dan itu dituduh jadi fuel untuk keuntungan Karin secara komersial.

Atas desakan Nadiyah dan dukungan netizen termasuk selebtweet, Karin menyatakan mengakui dan akan menyuruh stafnya menghapus. Sayangnya, menurut Nadiyah, ternyata Karin justru balik melayangkan gugatan hukum ke Nadiyah. Netizen makin geram.

Seandainya Karin tidak gegabah mengaku-ngaku “aktivis”.

Seandainya Karin memberikan keteladanan sebelum jadi “aktivis”.

Seandainya Karin paham risiko melabeli diri sebagai “aktivis”.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s